CARA MENJAGA REEL DENGAN BAIK
KIta Sediakan alat - alat sebagai berikut
:
1. sediakan Air Hangat (Untuk mencuci bagian
luar reel)
2. kain yang cepat meresap air ( untuk
mengeringkan sisa air cucian reel)
3. Reel Lubricantion (grease dan
oli, untuk grease saya biasa pakai Relix reel lube kalau oli pakai oli mesin
jahit aja)
4. WD40 bila diperlukan
5. Obeng
nah sekarang kita langsung melakukan operasi tips cara merawat reel mancing kita, Adapun cara-caranya yaitu :
1. kita Basahi aja dengan menyapu bagian
luar reel dengan air hangat, jangan dicelupkan. Setelah itu keringkan dengan
handuk atau kain sampai kering.
2. Jangan melepas spool dan
merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat
drag jalan abnormal. . waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak
masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah,
drag kering biasanya real washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2
kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah,
artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah... drag kering
dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli,
drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi
ga karuan jalannya. kalo mau tau ya dicoba aja sendiri.
3. Lubrikasi reel, ada 2 jenis
lubricant yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega, oil ya
oli... bentuknya cair. Bagian2 mana dari reel yang pake oil dan mana yang pake
grease? Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear pake grease bukan oil.
Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali2 dikasih grease
apalagi berlebihan, roller bearing di tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2
1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalo per2 ini
kena grease, suka macet dan bikin rollernya ga mau main, alhasil oneway roller
suka ga bekerja dan reel bisa terputar balik.. Jangan kasih grease terlalu
banyak di area pinion gear ato gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi
seret ga karuan. Kasih grease secukupnya saja... Kasih perhatian sama line
roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, suka orang lupa kalo disitu
ada bearingnya juga.
4. Setiap beberapa kali trip, selalu
buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini
sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci waktu habis mancing.
5. Tips untuk overhaul reel, bongkar
semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat2 posisi semua part dengan mencatatnya
atau letakkan di wadah2 plastik untuk masing2 bagian. Jangan lupa posisinya
nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam box reel ada exploded
diagram (gambar bagian2 parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram
ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, pake kuas kecil untuk bagian2 yang sulit.
Hilangkan semua bekas2 grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam.
Kalao semua sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang
baru... reel anda pasti jauh lebih halus suaranya.... dijamin!
6. Di stella, kalo rotornya dibuka, ada
karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal,
tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalo
bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang
akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci pake
WD40, bisa melar ga karuan...
7. Untuk ultegra keatas sampe dengan
stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di
belakang reel... mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa
harus dibongkar... kalo anda bongkar worm shaftnya... anda akan kesulitan
memasangnya kembali... this is really pain in the ass... menyebalkan.